Info Sekolah
Minggu, 27 Nov 2022
  • Selamat Datang di Website Resmi Madrasah Tsanawiyah Negeri 2 Sukoharjo

Rekayasa Jamu Express 1.0 Berbasis Internet Of Things Karya Siswa MTsN 2 Sukoharjo

Diterbitkan : - Kategori : Berita

MTsN 2 Sukoharjo – Lomba Keasi dan Inovasi (KRENOVA) Kabupaten Sukoharjo kembali digelar beberapa waktu yang lalu tepatnya tanggal 23 Juni 2022 bertempat di BAPENGBALDA Kabupaten Sukoharjo. Seperti tahun-tahun sebelumnya MTs Negeri 2 Sukoharjo kembali ikut berpartisipasi dalam ajang ini, dan kembali menyabet juara II dari 10 peserta perwakilan sekolah yang lolos final. Peserta adalah sekolah dari jenjang SMP/MTs, SMA/SMK se-Kabupaten Sukoharjo. Juara pertama diraih oleh  SMPN 1 Sukoharjo, Juara ke-2 MTsN 2 Sukoharjo dan Juara ke-3 adalah  SMA Unggulan CT Arsa Foundation Sukoharjo

Peserta dari MTs Negeri 2 Sukoharjo yaitu Dinda Rizki Aulia, Nabila Nur Fatimah, Rafie Bagus Pratomo, menampilkan sebuah produk karya inovasi “REKAYASA JAMU EXPRESS 1.0 BERBASIS INTERNET OF THINGS”. Ini adalah sebuah alat yang dapat memberikan jamu secara express sesuai jumlah koin yang dimasukkan oleh masyarakat. Koin minimal yang dimasukkan yaitu Rp 500, namun jika ingin mendapatkan jamu lebih banyak tinggal memasukkan koin lebih dari Rp 500. Selain itu alat ini juga dilengkapi teknologi Internet of Things yang memantau kondisi Jamu Express secara real time. Alat ini memiliki ukuran panjang kurang lebih 80 cm, lebar kurang lebih 50 cm serta tinggi 70 cm. Ia memiliki komponen berupa Arduino, Wemos, Running Text, LCD 16×2, Speaker, Tombol, Sensor ultrasonik, Sensor koin, Chasing triplek, Pompa DC, Adaptor, Aplikasi/web Cayenne, Jamu.

Ditemui di ruang kerjanya Selasa (30/8) Bp. Sahadi, sebagai pembimbing Tim Riset MTs Negeri 2 Sukoharjo memaparkan bahwa anak-anak sudah menampilkan yang terbaik dan karena ini sebuah kompetisi ia mengatakan tentu saja ada yang menjadi juara 1, 2 maupun 3. “Meskipun kali ini kita kembali meraih juara ke-2 tetapi saya optimis tahun depan kita bisa menjadi juara pertama ” kata B. Sahadi optimis.
(sumber : https://sukoharjo.kemenag.go.id/berita/rekayasa-jamu-express-1-0-berbasis-internet-of-things-karya-siswa-mtsn-2-sukoharjo/)

Artikel ini memiliki

0 Komentar

Beri Komentar