Info Sekolah
Senin, 29 Nov 2021
  • Selamat Datang di Website Resmi Madrasah Tsanawiyah Negeri 2 Sukoharjo

Program Riset

Program Kelas Riset
A. Latar belakang dibentuknya Kelas Riset
Kemajuan jaman seiring dengan modernisasi pola pikir generasi, tentunya dapat memberikan keseimbangan pada mutu dan pelayanan. Bahkan perkembangan dan pemberdayaan generasi insani untuk menuju peradaban yang beradab. Riset menjadi suatu bentuk proses didik kepada siswa-siswi dalam rangka mengembangkan dan memberdayakan pemikiran kritis, inovatif, dan objektif. Tidak ada salahnya memberikan pemikiran “Riset” pada generasi muda di Madrasah.

Pendidikan dan ilmu memiliki hubungan yang sangat erat. Seseorang yang memasuki lembaga pendidikan misalnya memiliki tujuan yang utama untuk mendapatkan ilmu, dan lembaga pendidikan tersebut merupakan tempat menimba ilmu sesuai dengan bidang yang dipilihnya. Berbagai ilmu yang akanĀ  dipelajari seseorang pada lembaga pendidikan, selanjutnya dapat dijumpai pada jurusan-jurusan yang tersedia.

Setidaknya dari hasil Riset tersebut tidak berhenti pada titik kemenangan atau kepuasan mendapatkan juara, maupun penghargaan dalam Lomba Karya Tulis Ilmiah (LKTI) yang diadakan oleh Universitas terkemuka. Namun memiliki keberlanjutan yang berkesinambungan yang mampu mensejahterakan lingkungan di sekitar Madrasah.

B. Sasaran Program
Adapun yang menjadi sasaran Program Kelas Riset adalah memiliki kemampuan sebagai berikut :
1. Siswa memiliki kemampuan akademik sesuai ketentuan madrasah
2. Siswa memiliki kecakapan dalam bidang Riset
3. Siswa memliki karya dibidang Riset
4. Siswa memiliki sumbangsih terhadap masyarakat dibidang Riset
5. Memiliki kemampuan yang cukup tentang life skill yang berkaitan dengan teknologi (Robotik)
6. Memiliki kemampuan kecakapan aktif berbahasa asing (Bahasa Arab dan Bahasa Inggris)

C. Program Kegiatan
1. Program Pembelajaran Terstruktur
Secara umum program pendidikan terstruktur adalah memuat semua mata pelajaran dengan jumlah jam tatap muka yang sudah ditetapkan oleh Pemerintah. Adapun program peningkatan kualitas output akademik siswa dilakukan melalui :
1. Keterampilan Pengamatan Saint
2. Keterampilan Pengamatan Sosial
3. Keterampilan Pengamatan Teknologi
4. Bimbingan Matematika
5. Bimbingan IPA
6. Life Skill
Program Pengembangan Life Skill
Program Pengembangan merupakan ciri khas dari Program Khusus yang memiliki tujuan umum membekali siswa dalam hal kecakapan hidup (life skill) sebagai bekal untuk jenjang berikutnya. Adapun program pengembangan (life skill) yang dikembangkan di program ini antara lain :
1. English Conversation (EC)
2. Muhadatsah
3. Tahfidzul Qur’an
4. Robotika
Program Pendukung
Program Pendukung merupakan program penunjang dan sekaligus program pemantapan pencapaian target dari program pendidikan Intrakurikuler dan program pengembangan (life skill). Adapun program pendukungnya adalah sebagai berikutĀ  :
1. Malam Bina Iman dan Taqwa (Mabit)
2. Out Bond
3. Ekstra kurikuler